Manakah yang Lebih Baik, Serat Buah Atau Sayuran?

Gizi & Nutrisi / 6 July 2011

Kalangan Sendiri

Manakah yang Lebih Baik, Serat Buah Atau Sayuran?

Lois Official Writer
5664

Buah dan sayur merupakan dua jenis makanan yang paling banyak mengandung serat. Serat memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dalam sehari, idealnya manusia membutuhkan asupan serat sebanyak 20-25 gram. Cukup banyak bukan? Sebutir apel berukuran sedang yang dimakan bersama kulitnya rata-rata mampu memberikan serat hingga 3.8 gram atau kurang lebih 20 persen dari kebutuhan serat harian. Jika makan apel, maka Anda perlu makan 5 buah apel untuk mencukupi kebutuhan serat Anda.

Namun, jangan hanya mengandalkan buah saja untuk memenuhi serat. Berikan porsi yang lebih banyak terhadap serat yang dibutuhkan melalui sayur. Karena sayur adalah sumber serat terbaik. Sebanyak apapun sayuran yang dimakan, efeknya hanyalah rasa kenyang namun tidak bikin gemuk karena serat tidak akan dicerna oleh tubuh. Anjuran untuk memperbanyak makan sayur ini tidak bermaksud untuk membatasi makan buah. Namun, lebih baik jika Anda lebih memilih sayuran.

“Pada tanaman, buah adalah tempat menyimpan kelebihan energi. Kalau manusia menyimpan kelebihan energi dalam bentuk lemak, tumbuhan menyimpannya dalam bentuk gula,” ungkap dr. Endang tersebut. Maka ketika buah itu kita makan, bukan hanya serat yang kita dapatkan tapi juga gula. Padahal gula sudah manusia dapatkan melalui karbohidrat maupun gula-gula lain yang ada dalam makanan dan minuman.

Kelebihan gula jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik akan menyebabkan kadarnya dalam darah meningkat dan berisiko memicu hiperglikemia pada pengidap diabetes. Gula yang berlebihan juga akan memicu kegemukan. Karena itu, penting bagi kita untuk memberikan tubuh kita sayur yang porsinya lebih banyak jika dibandingkan dengan buah.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami